PEMBASMI TIKUS MASAL (BOOMTIMAS)




 PEMBERANTAS HAMA TIKUS SECARA MASAL
 ( BOOMTIMAS)

Tikus pada dasarnya adalah salah satu makluk hidup yang memiliki sistim perkembang biakan secara cepat yaitu sekali melahirkan anak bisa dengan jumlah yang sangat banyak. Dalam kurun waktu satu tahun satu pasang tikus mampu berkembang biak menjadi puluhan bahkan ratusan ekor keturunan anak tikus.
Adapun ciri kedua dari tikus adalah memiliki kebutuhan makan yaitu digunakan untuk kelangsungan hidupnya.Makanan yang disukai adalah beraneka macam biji – bijian , misalnya jagung padi kedelai dll. Begitu juga bagian tumbuhan yang masih muda , misalkan dalam tanaman padi yang masih muda, bagian dalam tanaman jagung yang masih muda dll. Karena makanan kesukaan tikus adalah sama dengan bahan makanan manusia , maka orang cenderung beranggapan bahwa tikus adalah salah satu hewan saingan manusia dalam mencari makan untuk melangsungkan hidupnya.
          Ditinjau dari jenisnya, tikus memiliki beberapa macam jenis yaitu sesuai dengan tempat kehidupannya.
Tikus Sawah.


Tikus Loteng.

Tikus Got

Di dunia pertanian tikus sering disebut sebagai hama tanaman , karena dengan keberaadan  tikus disawah  tikus akan makan tanaman padi yang masih muda. Sehingga para petani sering dirugikan, bahkan tanaman padi yang ditanam para petani bisa rusak yang mengakibatkan tanaman padi menjadi puso atau gagal panen.
Dengan data survei yang telah didapat penulis , tikus berkembang biak sangat cepat,Satu ekor tikus sawah dalam waktu satu malam mampu merusak puluhan rumpun tanaman padi, sedangkan satu meter persegi lahan pertanian padi, biasanya hanya mampu ditanami kurang lebih duapuluh lima rumpun tanaman padi, jika satu hektar sawah kurang lebih hanya mampu ditanami dua ratus ribu rumpun tanaman padi , jadi satu hektar tanaman padi habis dibabat tikus dengan jumlah empat ribu ekor dalam waktu satu malam, atau seratus tigapuluh tiga ekor tikus selama sebulan.
Sedangkan perkembang biakan satu ekor tikus sawah betina sekali beranak bisa melahirkan kurang lebih lima sampai sepuluh ekor anak tikus pada pereode pertama dan akan berkembang menjadi tigapuluh ekor pada pereode ke dua, selanjutnya akan menjadi ratusan ekor pada pereode ke tiga . selanjutnya akan menjadi ribuan pada pereode keempat, sangat mengerikan.
Jadi dalam satu hektar sawah mampu dibabat satu tikus dengan melibatkan empat generasi yang telah dilahirkan, yaitu cukup dengan waktu satu malam. Maka tidak aneh bila satu musim tanam tikus mampu merusak ratusan bahkan ribuan hektar lahan pertanian dinegeri  kita ini.
Dengan begitu cepatnya perkembangbiakan tikus maka penulis berfikir bagaimana caranya menanggulangi  atau memusnahkan tikus  dengan sistim pembantaian masal , paling tidak bisa memutus perkembang biakan dengan pertumbuhan mendekati nol persen.
Pembaca yang budiman dipojokkan dengan situasi dan kondisi serangan tikus yang meraja lela disetiap sudut pertanian negri ini, maka perkenankanlah penulis mengenalkan suatu alat pembantai tikus secara masal hanya dengan waktu yang sangat singkat, yaitu dengan mesin boom pembunuh tikus masal , atau disingkat dengan BOOMTIMAS .
         
        BOOMTIMAS ( Boom Tikus Masal)
        Boomtimas pada prinsipnya adalah satu perangkat mesin pembantai tikus secara masal yang diciptakan penulis guna untuk membantu para petani didalam meningkatkan hasil produksi padi di negeri ini, yaitu dengan cara membrantas hama tikus sebagai salah satu kendalanya.

       KELEBIHAN BOOMTIMAS
Kelebihan Boomtimas di banding dengan alat pembasmi tikus yang lain:
1.      Boomtimas memiliki sistim kerja sangat cepat dan tepat dibanding alat –alat pembasmi tikus yang lainya, dalam waktu hitungan detik boomtimas mampu membantai puluhan bahkan ratusan tikus.
2.      Dalam pengoprasiannya bomtimas tidak mengenal musim baik musim hujan,musim kemarau,maupun musim pancaroba.
3.      Boomtimas tidak mengenal medan baik ditembing jalan slogan-slogan,jalan persawahan  tanggul irigasi semua bisa dikerjakan tanpa merusak kondisi lahan atau lingkungan disekitarnya.
4.      Dalam pengoprasiannya di sawah tempat penanaman padi boomtimas juga tidak merusak tanaman padi di sekitarnya karna dengan boomtimas tikus tidak akan mampu lari kemana mana dan akan mati dalam lubang persembunyian bersama sama sesuaai dengan jumlah penghuni yang ada didalamnya.
5.      Bahan yang digunakan boomtimas sangat mudah didapat dan murah harganya . maka pemakai boomtimas tidak usah membeli racun yang harganya terlalu mahal.
6.      Proses pemakaian boomtimas sangat mudah. Sekali tekan tombol ,boomtimas akan bekerja dan siap membantai dan memusnahkan puluhan bahkan ratusan tikus yang ada dalam lubang dengan hitungan detik.
7.      Tempat persembunyian tikus yang telah kena sasaran boomtimas tidak akan dihuni lagi ,karna gas yang ditembakkan kedalam lubang akan menempel pada dinding – dinding lubang persembunyian tikus tersebut.
8.      Mudah dalam pengoprasian , mudah dalam perawatan, tepat dalam sasaran.


 LANGKAH KERJA MESIN BOOM TIKUS MASAL BOOMTIMAS
Persiapan
Alat Dan Bahan.
1.       Operator menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membasmi tikus sawah secara masal.
2.       Menyiapkan kabel penghubung dengan ukuran idial enampuluh meter.
3.       Menyiapkan generator mini disertai dengan perlengkapan yang dibutuhkan.
Bahan
       Menyiapkan bahan yang telah dicampur dengan komposisi tertentu hingga menghasilkan gas  beracun yang sangat berkwalitas.
       
Cara kerja mesin boomtimas ini sangat efisien dan mudah di banding dengan alat – alat pembasmi tikus yang lain.dengan catatan pemakai bisa menerapkan langkah kerja dengan tepat.
Langkah kerja yang pertama,petani sebaggai penggarap sawah sehari sebelumnya membikin tiang dari bambu yang ujungnya dikasih tanda .
Langkah kedua petani penggarap sawah memberi  tanda pada tiap – tiap lubang persembunyian tikus baik pada galengan tanggul maupun jalan yang berada disawah.
Langkah ketiga penandaan dilakukan secara serempak keseluruh lading pertanian karna dengan tanda tersebut operator mesin  akan dengan mudah bergerak tanpa harus mencari lubang sendiri. Boomtimas dalam waktu satu hari atau delapan jam kerja mampu membrantas tikus dengan luas lahan kurang lebih 10 sampai 15 hektar , cukup satu oprator dan satu penggulung kabel.
Langkah kerja ke-empat, menyiapkan alat dan bahan. Diantaranya mesin (Boomtimas ),  kabel penghubung dan generaor mini. Dilanjutkan dengan pengoplosan bahan dengan perbandingan 2kg brambut dengan 1kg belerang dan minyak pelumas ¼ liter diaduk jadi satu sampai merata.
Memasukkan bahan adonan dalam tabung mesin Boomtimas sampai penuh dilanjutkan dengan pemasangan tabung dalam posisi semula. Menempatkan mesin generator di tengah lahan atau perempatan galengan. Dengan posisi tersebut dengan luas areal sawah satu hektar, cukup menggunakan kabel 70 meter tanpa memindahkan generator.
      Lamgkah kelima, operator mulai bekrja menyemprotkan gas beracun ke lubang persembunyian tikus yang dibantuoleh operator kedua.
      Untuk mempercepat kematian tikus, usahakan lubang tikus yang telah diberi pengasapan ditutup dengan tanah atau yang lainnya agar gas yang ada di dalam lubang ersebut tidak hilang, Insyaallah tikus akan mati dengan sempurna.



KESIMPULAN
                Dengan kondisi pertanian yang sangat memprihatinkan terutama dari serangan tikus yang merajalela di seluruh penjuru lahan pertanian di negeri kita ini, maka penulis menyimpulkan bahwa tikus adalah salah satu hama tanaman padi yang harus di berantas dengan seksama, dengan alat yang memadai, tepat guna dan dalam waktu yang singkat, mengingat tikus memiliki kemampuan berkembang biak dengan sangat cepat.
                Maka daripada itu untuk menanggulangi hal tersebut, penulis menciptakan suatu alat untuk membasmi tikus dengan cepat. BOOMTIMAS (Boom Tikus Masal ) Mesin tersebut memiliki sifat mudah dioperasikan tidak mengenal waktu dan tempat, dengan bahan yang mudah didapat, dan hasil yang sangat mantap.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Topo mengatakan...

Berapa harga boomtimas Pak?
Penjualan termasuk genset/tidak?

saya tiller.village@yahoo.com

YUDY mengatakan...

Di mana bisa pesan dan cara kerjanya gmn?

Posting Komentar